Skip to main content

7 Cara Efektif Merawat Komputer

Cara efektif merawat komputer

Jika Anda tidak mengambil tindakan pencegahan minimal Anda pada akhirnya akan memiliki beberapa jenis masalah komputer, jika Anda belum melakukannya. Namun ada beberapa hal yang sangat sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga komputer Anda berfungsi banyak seperti ketika saat Anda membelinya. Salah satu hal yang paling penting dan mendasar yang dapat dilakukan adalah dengan membeli dan menginstal perangkat lunak anti virus.

Tapi,selain itu ada juga beberapa hal yang perlu kita ketahui dan kita sadari. Seperti kinerjanya atau mungkin beberapa hal yang bisa Anda jadikan patokan. Untuk mencegah kerusakan yang serius selain antivirus kita harus memperhatikan beberapa hal lain.

Cara efektif merawat komputer berikut wajib Anda baca dan praktekkan untuk merawat komputer kesayangan Anda, berikut sebagaimana dilansir Sallyponchak.com di bawah ini.

Cara Efektif Merawat Komputer

1. Mematikan Komputer Dengan Benar

Jangan mencoba untuk mematikan komputer sebelum Windows menyelesaikan proses mematikan dengan benar. Jika Anda melakukannya, dapat menyebabkan kerusakan parah pada data yang disimpan pada hard disk.

Namun, hal ini dapat dilakukan dalam situasi ketika Windows atau program ngehang.

2. Pemeliharaan Data

Hapus file yang bersifat sementara, usang atau terakumulasi seperti WASTEPAPER di sistem Anda. Menjadi penting untuk membongkar program yang tidak diperlukan.

Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan atau menghapus program alat di panel kontrol. Periksa untuk memastikan bahwa data penting disimpan dengan aman.

Ambil cadangan jika Anda tidak yakin atau hanya menggunakan drive eksternal atau layanan online untuk menjaga backup.

3. Memperbarui Aplikasi Sistem

Memperbarui aplikasi secara teratur memfasilitasi kinerja dan keamanan data yang lebih baik. Jelajahi situs web Microsoft untuk memeriksa pembaruan reguler.

Pemeliharaan berkala komputer, tinjauan keamanan dan penilaian akan menjaga komputer Anda berfungsi lebih baik.

4. Pilih Antivirus

Antivirus terbaik perlu Anda pilih agar komputer Anda aman dari bahaya virus jahat. Khususnya virus trojan.

Bagi Anda yang bingung Anda bisa memilih smadav free yang populer digunakan banyak orang. Dan cobalah untuk selalu melakukan scan virus sebelum Anda mendownload file.

Pastikan komputer Anda memiliki antivirus untuk mendeteksi virus scan dan update virus. Untuk pengguna yang sering berselancar di internet, penting untuk menginstal program firewall.

5. Bersihkan Debu dari Komputer

Komputer menyimpan banyak debu yang paling banyak. Selain menjadi kotor dan mungkin menjadi bahaya alergi, komputer berdebu akan panas dan dapat mengurangi kinerja komputer karena akan cepat rusak.

Cara termudah untuk membersihkannya dengan udara terkompresi adalah membuka casing, bawa ke luar, dan tiup debu. Bagian luar casing dapat dibersihkan dengan kain lembab.

Berhati-hatilah menggunakan pembersih rumah tangga, karena mereka dapat dengan mudah menghancurkan papan sirkuit komputer.

Untuk sebagian besar komputer, pembersihan sekali setiap tahun atau delapan belas bulan atau sudah terlihat berdebu saja. Agar kelak komputer bersih terus.

6. Defrag Hardisk

Setelah hard drive Anda telah dibersihkan, ini adalah waktu yang baik untuk defragment. Hal ini mengatur file Anda, menyebabkan waktu akses disk lebih cepat dan kinerja sistem yang ditingkatkan.

Windows defragmenting alat (start > all programs > accesories > System Tools > Disk Defragmenter) bekerja dengan baik, atau ada daftar open source dan perangkat lunak defragmenting komersial yang tersedia di Wikipedia jika Anda ingin menggunakan yang lain.

7. Update OS

Windows bukanlah sistem operasi yang paling efisien, dan terkadang membutuhkan perhatian. Ini menyimpan sejumlah besar informasi yang tidak perlu, sebagian besar dalam bentuk file ' sementara ' (yang tidak pernah dihapus) Daftar pencarian yang baru saja dilakukan, dan sebagainya.

Ada sebuah program yang sangat baik yang disebut CCleaner, yang akan membersihkan sebagian besar data yang tidak dibutuhkan secara otomatis. Jika Anda tertarik untuk lebih mengoptimalkan OS Anda.

Popular posts from this blog

7 Aplikasi Senter Terbaik di Android

Aplikasi senter berguna untuk beberapa hal untuk menemukan jalan sekitar Anda di malam hari, untuk mengirim sinyal, untuk menikmati konser favorit Anda atau mungkin saat lampu mati. Berikut ini adalah daftar aplikasi senter yang tersedia di Android yang bisa Anda gunakan. Kami telah mencoba untuk memilih berbagai kualitas yang unik dan beragam di semua aplikasi ini. Semua aplikasi ini tersedia di Google Play Store dengan aplikasi Android ke cantuman mereka sehingga Anda dapat mencobanya sendiri. Daftar Aplikasi Senter Terbaik di Android Color Flashlight Color Flashlight adalah salah satu aplikasi senter yang paling populer. Memiliki metrik ton fitur. Menggunakan  layar atau LED flash di bagian belakang perangkat. Aplikasi ini dapat berfungsi dalam berbagai pola dan juga dalam berbagai warna (di layar saja). Ada juga fitur efek custom, efek darurat, dan banyak lagi. Pada dasarnya tidak semuanya. Aplikasi ini sepenuhnya gratis tanpa pembelian dalam aplikasi. Ada iklan yang terkadang men